Penting Peran Ilmu Dalam Hidup

Bismillahirrohmanirrohim

Penting peran ilmu dalam hidup.Ilmu merupakan suatu hal yang sangat penting bagi kita untuk mengarumi keras nya dunia ini, sebuah pepatah mengatkan :

“hidup dengan iman akan terarah”

“hidup dengan ilmu akan terasa mudah”

“hidup dengan seni akan terasa indah”

Penting Peran Ilmu dalam Hidup

Ilmu merupakan sebuah kunci yang digunakan untuk membukan sebuah pindu yang terkunci, dengan kunci kita bisa membukanya, jadi intinya peran ilmu itu sangat penting bagi kita berikut beberapa penjelasan mengenai pentingnya ilmu :

Menuntut ilmu pada hakikatnya adalah suatu kewajiban bagi kita semua. Kita Islam dianjurkan untuk menuntut ilmu dari kecil sampai keliang lahat, kita islam dianjurkan untuk menuntut ilmu ke negeri cina. artinya betapa pentingnya ilmu terbsebut.
sebagaimana nabi mengatakan :

اُطْلُبُوا العِلْمَ مِنَ المَهْدِ إِلى اللَّحْدِ
Artinya : Tuntutlah ilmu sejak buaian sampai keliang lahat.

Kenapa Kita diwajibkan untuk menuntut ilmu, Ilmu itu adalah pelita/penerang jalan hidup ini, tanpa ilmu hidup akan terasa gelap gulita.

maka ilmulah sebagai penarangnya supaya mata bisa melihat suatu kebenaran, kaki bisa melangkah untuk kebaikan, tangan yang bermanfaat untuk setiap orang. betapa pentingnya peranan ilmu.

Allah SWT berfirman dalm QS. Al-Mujadalah (58): 11,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا فِي الْمَجَالِسِ فَافْسَحُوا يَفْسَحِ اللَّهُ لَكُمْ ۖ وَإِذَا قِيلَ انْشُزُوا فَانْشُزُوا يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ ۚ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu:

“Berlapang-lapanglah dalam majlis”, maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: “Berdirilah kamu”, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.(QS. Al-Mujadalah (58):11)

Sebagaimana telah disebutkan dalam QS. Al-Mujadalah ayat 11, Allah memulikan orang-orang berilmu dengan menaikan derajat mereka.

Banyak ayat maupun hadist lain yang menerangkan tentang kemuliaan yang diberikan pada orang-orang yang menuntut ilmu, seperti sabda Rasulullah SAW yang artinya

Barangsiapa yang menginginkan kehidupan dunia, maka ia harus memiliki ilmu, dan barang siapa yang menginginkan kehidupan akhirat maka itupun harus dengan ilmu, dan barang siapa yang menginginkan keduanya maka itupun harus dengan ilmu” (HR. Thabrani).