Makna Rukun Islam Yang Mesti Dipahami

Makna rukun islam yang mesti dipahami. Rukun Islam merupakan dasar dari Agama Islam yang harus dipahami oleh semua muslimin. Hal ini karena memang untuk menjadi seorang muslim sejati sangat diperlukan adanya pengetahuan rukun ini agar menjadi sempurna ke-Islamannya. Oleh karena itu kita akan membahas, 5 rukun Islam lengkap dengan pengertian dan penjelasannya

1. Mengucap Dua Kalimat Syahadat

Mengucap dua kalimat Syahadat adalah menjadi rukun Islam yang pertama. Sehingga orang muslim yang ingin menjadi muslim sejati ataupun seorang mualaf yang ingin menjadi muslim harus terlebih dahulu berucap dua kalimat syahadat.

Karena dengan mengucap dua kalimat syahadat itu kita telah mengaku kepada Allah bahwa kita adalah hambanya dan tidak ada tuhan lain selain Allah. Dan kita juga telah mengaku kepada Allah bahwa Rasulullah Muhammad adalah utusan Allah.

2. Mendirikan Shalat

Rukun Islam yang kedua adalah shalat. Shalat ini menjadi kewajiban bagi seluruh muslim dan muslimah di seluruh dunia, dan memang setiap muslim harus mengerjakannya dengan sepenuh hati.

Shalat adalah rangkaian ibadah yang diawali dengan niat dan takbiratul ihram serta diakhiri dengan salam. Oleh karena itu bagi kamu yang hendak melakukan ibadah shalat, maka pastika kamu sudah melakukannya dari niat hingga salam.

Tentu tidak sah seseorang mengerjakan ibadah shalat apabila tidak melakukan rangkaian ibadahnya dari niat hingga salam.

Meskipun kamu sudah niat dan hampir salam namun belum mengerjakan salam, maka shalat tetap dianggap tidak sah.Jika kamu telah menjadi seorang muslim, maka pastikan bahwa kamu telah mengerjakan juga amalan shalat ini dan harus 5 waktu dalam sehari. Apabila kamu hanya mengerjakan 3 atau 4 saja, maka belum sempurna ibadah shalat yang kamu kerjakan dalam satu hari tersebut.

3. Puasa di Bulan Ramadhan

Rukun Islam yang ke tiga adalah mengerjakan Puasa di Bulan Ramadhan. Puasa di Bulan Ramadhan menjadi salah satu amalan yang wajib dikerjakan oleh setiap muslim dan muslimah di seluruh dunia dari dulu sejak Nabi Muhammad SAW.

Puasa bulan ramadhan telah menjadi ajang untuk mendapatkan kesehatan juga yang dilakukan oleh muslim dan muslimah. Bahkan dikalangan non muslim pun sudah sangat mengakui bahwa berpuasa bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat dan kuat, hingga ada yang sampai ikut berpuasa juga loh.

4. Membayar Zakat

Rukun Islam yang ke 4 adalah membayar zakat. Membayar zakat merupakan hal yang harus dilakukan oleh setiap muslim dan muslimah. Zakat adalah sebagian dari harta kita yang merupakan hal dari orang lain.

Oleh karena itu hakikat dari membayar zakat tentunya adalah membayarkan yang memang bukan menjadi hak kita. Akan tetapi menjadi hak dari orang lai

Umumnya zakat hanya dibayarkan sebanyak 2,5 % saja. Itu tentu saja merupakan jumlah atau angka yang sangat sedikit dibandingkan dengan angkat 25% misalnya. Atau angka angka lainnya.

5. Menunaikan Haji (Bagi yang Mampu)

Adapun rukun Islam yang ke 5 adalah berangkat haji, jika mampu. Perlu diluruskan bahwa naik haji jika mampu ini adalah rukun Islam yang bisa dilakukan dengan modal uang atau sebagainya. Sehingga Islam tidak memberatkan kamu jika kamu tidak mampu.

Begitulah indahnya Islam.

 

Mudah-mudahan dengan ini kita semua bisa lebih memahami dan mengimplementasikan serangkai pembahasan diatas kedalam kesahrian kita, dan semoga kita semua senantiasa dia jaga dalam keistiqomah ibadah khususnya sholat fardu 5 waktu.