Makna Kemerdekaan Sesungguhnya Menurut Islam

Bismillahirohmanirrohim

Makna kemerdekaan sesungguhnya menurut islam. Ini merupakan hal perlu kita kaji dan pahami bahwa dibalik sebuah kemerdekaan itu terdapat penomena yang patut kita ambil hikmah dan pelajarannya. Kita tahu bahwa para nabi dan rasul diutus kedunia ini yaitu dengan mengemban misi memerdekakan manusia dari kegelapan hidup menuju cahaya ilmu, dari kerusakan moral menuju taat.

Temen-temen… Allah swt menurunkan wahyu yang suci berupa al-qur’an dari masa ke masa kepada rosul yang suci, melalui malaikat yang suci, kemudian untuk disamapaikan kepada makhluknya tiada lain yaitu agar mereka menjadi suci serta mengeluarkan mereka dari lubang kesesatan menuju lubang ketaatan. Yang demikian itu mencapai setiap bangsa menurut bahasa, lingkungan serta adat istiadat masing-masing . Begitu pula halnya dengan para Nabi yang diantaranya Nabi Ibrahim, Musa, Isa, dan Nabi Muhammad saw.

Allah Mengingatkan dalam Al-Quran (artinya) tentang Makna Kemerdekaan Yang Sesungguhnya Menurut Islam : “Tetapi dia tidak menempuh jalan terjal. Tahukah kamu apakah jalan terjal itu? Yaitu membebaskan perbudakan atau memberi makan pada hari kelaparan, anak yatim yang dalam pertalian kerabat, atau orang miskin yang bergelimang di atas debu” (QS 90: 11-16).

Penindasan, perusakan,penghancuran ,pelecahan dan pengintimidasian atas anak manusia berlangsung dan terjadi di berbagai belahan bumi. Tidak terkecuali di Mesir, pada era kekuasaan Firaun di masa hidup Nabi Musa. Al-Quran menarasikan hal ini sebagai berikut.

Sungguh Kami telah mengutus Musa dengan ayat-ayat Kami dengan perintah, “Keluarkanlah kaummu dari lembah kegelapan kepada cahaya dan ingatkan mereka akan hari-hari Allah.” Sesungguhnya itu adalah tanda-tanda kekuasaan Allah bagi setiap orang yang selalu sabar dan banyak bersyukur.

Perhatikanlah ketika Musa berkata kepada kaumnya, “Ingatlah nikmat Allah kepadamu ketika Dia menyelamatkan kamu dari orang-orang Firaun. Mereka menimpakan siksaan yang berat kepadamu, membunuh anak-anak laki-lakimu, dan membiarkan hidup anak-anak perempuanmu. Dalam hal itu suatu cobaan besar dari Tuhanmu.”

Ingatlah juga tatkala Tuhanmu memaklumkan, “Sungguh, jika kamu bersyukur, Aku pasti memberi tambahan nikmat dan karunia kepadamu. Akan tetapi jika kamu ingkar, sungguh, azab-Ku sangat dahsyat.
Musa berkata, “Jika kamu tidak bersyukur, kamu dan semua orang di muka bumi ini, sungguh Allah Maha Kaya, Maha Terpuji.” (QS 14:5-8)

Point pentingnya dalam memahami makna kemerdekaan khsusnya dalam pandangan islam yaitu merdeka itu bebas dari selaga bentuk penjajahan yang membelegu diri yang disebabkan oleh hawa nafsu yang dimotori oleh setan.

semoga bermanfaat